Rabu, 18 Januari 2017

Pentingnya Pendidikan Bagi Pelajar Indonesia

Pendidikan merupakan kunci dari keberhasilan. Semakin tinggi pendidikan seseorang, semakin tinggi pula jabatan yang akan mereka dapatkan. Pendidikan merupakan penopang dalam kehidupan karena dengan pendidikan seseorang bisa bekerja dan bisa mencukupi kebutuhan sehari - hari. Di Indonesia, masih terdapat siswa yang putus sekolah karena faktor biaya. Biaya menjadi permasalahan atau penghambatan bagi siswa yang berprestasi dalam mengenyam pendidikan. Mereka yang masih bisa sekolah terkadang suka bermalas- malasan dalam belajar, mereka tidak melihat keadaan diluar sana yang masih banyak siswa harus putus sekolah karena faktor biaya. Kita seharusnya yang masih bisa sekolah tidak boleh bermalas-malasan dalam belajar, harus menghargai hasil jerih payah orang tua dan membuat bangga mereka. Sampai ada pepatah yang mengatakan, "kejarlah ilmu sampai ke negeri china." Begitu pentingnya sekali pendidikan bagi pelajar khususnya pelajar indonesia. Berikut terdapat beberapa peran penting pendidikan bagi pelajar :

     
      1.    Sebagai Fungsi Sosialisasi 


Sekolah mengemban tugas untuk melaksanakan upaya-upaya mengalihkan nilai-nilai budaya masyarakat dengan mengajarkan nilai-nilai yang menjadi way of life masyarakat dan bangsanya. Untuk memenuhi fungsi dan tugasnya tersebut sekolah menetapkan program dan kurikulum pendidikan, beserta metode dan tekniknya secara pedagogis, agar proses transmisi nilai-nilai tersebut berjalan lancar dan mulus.


     2.   Sebagai Kontrol Sosial


Sekolah sebagai lembaga yang berfungsi untuk mempertahankan dan mengembangkan proses sosialisasi serta kontrol sosial diharapkan bisa mendidik peserta didiknya lebih berkualitas. Sehingga tatanan masyarakat bisa terjalin dengan baik. 


    3.   Sebagai Pelestarian Budaya Masyarakat


Sebagai contoh adalah adanya kurikulum pendidikan yang mengadakan pelajaran muatan lokal. Khusus di daerah Jawa Barat untuk pelestarian budaya di setiap sekolah diwajibkan adanya muatan lokal yaitu mata pelajaran bahasa Sunda serta kesenian setempat. Begitu juga untuk daerah-daerah yang ada di Indonesia, dimaksudkan supaya siswa lebih cinta terhadap daerahnya serta tanah air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar